Kamis, 11 April 2013

Tulisan 2



Nama : Ayu Sulistya
Kelas : 1EB21
NPM : 21212296


STRUKTUR PASAR
Struktur pasar pada prinsipnya berarti mengelompokkan produsen kedalam beberapa bentuk pasar berdasarkan :
1.      Jenis barang yang dihasilkan
2.      Banyaknya/jumlah perusahaan dalam industri
3.      Mudah tidaknya keluar masuk dalam industri
4.      Peranan iklan dalam kegiatan industri (pasar)
Para pelaku ekonomi dalam membahas struktur pasar tidak hanya melihat tingkah laku perusahaan, tetapi lebih menitikberatkan pada berbagai kekuatan perusahaan dalam mempengaruhi pasar. Tingkah laku parusahaan banyak ditentukan oleh struktur pasar dimana perusahaan itu berada.
Berdasarkan kriteria tersebut, dalam analisa ekonomi struktur pasar dibedakan menjadi 4 (empat) :
1.      Pasar Persaingan Sempurna
2.      Pasar Monopoli
3.      Pasar Persaingan Monopolistik
4.      Pasar Oligopoli

A.    Persaingan Pasar Sempurna
Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau industri dimana ada banyak penjual dan pembeli,dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi pasar. Struktur pasar dari berbagai kegiatan di sektor pertanian.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
·         Perusahaan adalah pengambil harga (price taker)
·         Setiap perusahaan mudah ke luar atau masuk pasar
·         Produk yang dihasilkan bersifat homogeny
·         Penjual dan pembeli mempunyai pengetahuan sempurna mengenai pasar
·         Terdapat banyak perusahaan di pasar

Kelebihan :
1.      Harga jual barang dan jasa adalah yang termurah.
2.      Jumlah output paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksima (kemakmuran maksimal).
3.      Masyarakat merasa nyaman dalam mengkonsumsi (produk yang homogen) dan tidak takut ditipu dalam kualitas dan harga.
Kelemahan :
1.         Barang yang homogeny menyebabkan konsumen tidak banyak memiliki pilihan.
2.         Hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal.

B.     Pasar Monopoli
Pasar monopili adalah suatu bentuk pasar yang hanya terdapat satu perusahaan saja atau bisa disebut suatu pasar yang penjualnya hanya ada satu dan pembelinya banyak dan menghasilkan barang yang tidak mempunyai pengganti.Seseorang yang menguasai pasar monopoli disebut Monopolis. Contoh pasar monopoli adalah PLN.

Ciri-ciri pasar monopoli :
·         Pasar monopoli adalah industri satu perusahaan
·         Tidak mempunyai barang pengganti yang mirip
·         Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk ke dalam industri
·         Dapat mempengaruhi penentu harga
·         Promosi iklan kurang diperlukan

Kelebihan pasar monopoli:
1. Keuntungan penjual cukup tinggi.
2. Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya
diatur pemerintah.

Kelemahan pasar monopoli:
1. Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang.
2. Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.
3. Terjadi eksploitasi pembeli.

C.    Pasar Persaingan Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik pada dasarnya adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yang ekstrem, yaitu persaingan sempurna dan monopoli. Pasar persaingan monopolistik dapat didefinisikan sebagai suatu pasar dimana banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak (differential product). Contoh pasar persaingan monopolistik yaitu pasar novel, pasar film dll.

Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik :
·         Terdapat banyak penjual tetapi tidak sebanyak dalam pasar persaingan sempurna
·         Barangnya bersifat berbeda corak (differential product)
·         Penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
·         Masuk kedalam industri relatif mudah
·         Persaingan mempromosikan penjualan sangat aktif

Kelebihan :
1.      Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempurna
2.      Memacu kreativitas produsen
3.      Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini
 Kelemahan :
1.      Biaya mahal untuk ke pasar monopolistic
2.      Persaingan sangat berat

D. Pasar Oligopoli

           Pasar oligopoli adalah pasar dimana hanya terdapat beberapa penjual yang saling bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak. Sedikit jumlah penjual karena biaya investasi awal.

Ciri-ciri pasar oligopoli :
·         Hanya ada berbagai perusahaan yang mendominasi pasar
·         Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak
·         Kekuasaan menentukan harga adakalanya lemah dan adakalanya sangat tangguh
·         Persaingan melalui iklan sangat kuat
·         Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk kedalam pasar oligopoli karena investasi yang tinggi

            Kelebihan :
1.    Terdapat sedikit penjual karna dibutuhkan investasi besar untuk masuk pasar
2.    Jumlah penjual yang sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
3.    Bila terjadi perang harga, konsumen akan diuntungkan

            Kelemahan :
1.      Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk ke pasar oligopoly karna investasi yang tinggi.
2.      Akan terjadi perang harga
3.      Produsen bisa melakukan kerja sama (kartel) yang pada akhirnya akan merugikan konsumen



Tidak ada komentar:

Posting Komentar