Nama : Ayu Sulistya
Kelas : 1EB21
NPM : 21212296
STRUKTUR
PASAR
Struktur pasar pada
prinsipnya berarti mengelompokkan produsen kedalam beberapa bentuk pasar
berdasarkan :
1. Jenis
barang yang dihasilkan
2. Banyaknya/jumlah
perusahaan dalam industri
3. Mudah
tidaknya keluar masuk dalam industri
4. Peranan
iklan dalam kegiatan industri (pasar)
Para pelaku ekonomi
dalam membahas struktur pasar tidak hanya melihat tingkah laku perusahaan,
tetapi lebih menitikberatkan pada berbagai kekuatan perusahaan dalam
mempengaruhi pasar. Tingkah laku parusahaan banyak ditentukan oleh struktur
pasar dimana perusahaan itu berada.
Berdasarkan kriteria
tersebut, dalam analisa ekonomi struktur pasar dibedakan menjadi 4 (empat) :
1. Pasar
Persaingan Sempurna
2. Pasar
Monopoli
3. Pasar
Persaingan Monopolistik
4. Pasar
Oligopoli
A.
Persaingan
Pasar Sempurna
Pasar
persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau
industri dimana ada banyak penjual dan pembeli,dan setiap penjual atau pun
pembeli tidak dapat mempengaruhi pasar. Struktur pasar dari berbagai kegiatan
di sektor pertanian.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
:
·
Perusahaan adalah pengambil harga (price
taker)
·
Setiap perusahaan mudah ke luar atau
masuk pasar
·
Produk yang dihasilkan bersifat homogeny
·
Penjual dan pembeli mempunyai
pengetahuan sempurna mengenai pasar
·
Terdapat banyak perusahaan di pasar
Kelebihan :
1. Harga
jual barang dan jasa adalah yang termurah.
2. Jumlah
output paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksima (kemakmuran maksimal).
3. Masyarakat
merasa nyaman dalam mengkonsumsi (produk yang homogen) dan tidak takut ditipu
dalam kualitas dan harga.
Kelemahan :
1.
Barang
yang homogeny menyebabkan konsumen tidak banyak memiliki pilihan.
2.
Hanya
ada dalam kondisi perekonomian ideal.
B.
Pasar
Monopoli
Pasar
monopili adalah suatu bentuk pasar yang hanya terdapat satu perusahaan saja
atau bisa disebut suatu pasar yang penjualnya hanya ada satu dan pembelinya
banyak dan menghasilkan barang yang tidak mempunyai pengganti.Seseorang yang
menguasai pasar monopoli disebut Monopolis. Contoh pasar monopoli adalah PLN.
Ciri-ciri pasar monopoli :
Ciri-ciri pasar monopoli :
·
Pasar monopoli adalah industri satu
perusahaan
·
Tidak mempunyai barang pengganti yang
mirip
·
Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk
ke dalam industri
·
Dapat mempengaruhi penentu harga
·
Promosi iklan kurang diperlukan
Kelebihan pasar monopoli:
1. Keuntungan penjual cukup tinggi.
2. Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya
diatur pemerintah.
Kelemahan pasar monopoli:
1. Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang.
2. Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.
3. Terjadi eksploitasi pembeli.
C.
Pasar
Persaingan Monopolistik
Pasar
persaingan monopolistik pada dasarnya adalah pasar yang berada di antara dua
jenis pasar yang ekstrem, yaitu persaingan sempurna dan monopoli. Pasar
persaingan monopolistik dapat didefinisikan sebagai suatu pasar dimana banyak
produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak (differential product).
Contoh pasar persaingan monopolistik yaitu pasar novel, pasar film dll.
Ciri-ciri
pasar persaingan monopolistik :
·
Terdapat banyak penjual tetapi tidak
sebanyak dalam pasar persaingan sempurna
·
Barangnya bersifat berbeda corak
(differential product)
·
Penjual dapat mengendalikan harga dalam
tingkat tertentu
·
Masuk kedalam industri relatif mudah
·
Persaingan mempromosikan penjualan sangat
aktif
Kelebihan
:
1. Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempurna
2. Memacu kreativitas produsen
3. Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini
Kelemahan :
1. Biaya mahal untuk ke pasar monopolistic
2. Persaingan sangat berat
D. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar dimana
hanya terdapat beberapa penjual yang saling bersaing dengan jumlah pembeli yang
banyak. Sedikit jumlah penjual karena biaya investasi awal.
Ciri-ciri pasar oligopoli :
·
Hanya ada
berbagai perusahaan yang mendominasi pasar
·
Menghasilkan
barang standar maupun barang berbeda corak
·
Kekuasaan
menentukan harga adakalanya lemah dan adakalanya sangat tangguh
·
Persaingan
melalui iklan sangat kuat
·
Terdapat
rintangan yang kuat untuk masuk kedalam pasar oligopoli karena investasi yang
tinggi
Kelebihan
:
1.
Terdapat sedikit penjual karna
dibutuhkan investasi besar untuk masuk pasar
2.
Jumlah penjual yang sedikit
membuat penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
3. Bila terjadi perang harga, konsumen akan diuntungkan
Kelemahan
:
1. Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk ke pasar oligopoly karna investasi
yang tinggi.
2. Akan terjadi perang harga
3. Produsen bisa melakukan kerja sama (kartel) yang pada akhirnya akan
merugikan konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar