Selasa, 30 Desember 2014

Tugas Softskill ke -3 ( Bahasa Indonesia 2)



Nama : Ayu Sulistya
NPM   : 21212296
Kelas   : 3EB24

Pengertian Public Speaking

Istilah public speaking terdiri dari dua kata: “public” dan “speaking” .Public artinya orang banyak, masyarakat umum, dan rakyat. Speaking artinya berbicara.
Kamus Merriam-Webster mengartikan public sepeaking sebagai " the act or skill of speaking to a usually large group of people". Public speaking adalah aksi atau keterampilan berbicara kepada sekelompok besar orang.
Laman Wikipedia mendefinisikan public speaking sebagai ""the process and act of speaking to a group of people in a structured, deliberate manner intended to inform, influence, or entertain a listening audience." Proses dan berbicara kepada sekelompok orang secara terstruktur guna memberikan informasi, mempengaruhi, atau menghibur".
American Heritage Dictionary memaknai public speaking sebagai "The act, art, or process of making effective speeches before an audience." Aksi, seni, atau proses menyampaikan pembicaraan efektif di depan audiens".

Macam-macam Public Speaking( penyajian lisan) :

Diskusi, Seminar, Kongres, Ceramah, Dakwah, Khotbah, Pidato, Simposium, Kolokium, Konferensi, Sidang, Rapat, Talk Show, MC, Pembawa Berita, Debat,Brain storming(curah pendapat), Lawak, Gossipping, Persentasi, Iklan, Dialog, Wawancara, Iklan, dan lain-lain.

Sekarang ini saya akan membahas tentang Pembawa Berita (News Anchor)

News Anchor

News-anchor, yaitu orang yang membaca berita, tapi dalam kegiatannya itu dia juga memberikan improvisasi atau comment pada berita yang dibacakannya, selain itu dia juga menghandle live-interview, atau ikut serta memberikan pelaporan langsung pada saat berita tersebut ditayangkan.
Istilah ini utamanya dipakai di Amerika Serikat dan Kanada. Banyak news anchor terlibat dalam penulisan dan/atau penyuntingan berita bagi program mereka sendiri. News anchor juga mewawancara narasumber di studio atau memandu program diskusi. Banyak juga yang menjadi komentator dalam berbagai program berita.News-anchor juga kadang-kadang ikut dalam perumusan script supaya script bisa disesuaikan dengan style-nya dia.
Istilah anchor (juga anchorperson, anchorman, atau anchorwoman) diperkenalkan oleh produser CBS News Don Hewitt. CBS pertama kali memakainya pada 7 Juli 1952 untuk menjelaskan peran penyiar Walter Cronkite pada saat Konvensi Nasional Partai Demokrat dan Republik.

Contoh: tipe yang cukup umum ditemukan di Indonesia. Para presenter dalam program-program berita utama, seperti Metro Hari Ini (MetroTV), atau Kabar Petang (tvOne) adalah contoh yang cukup gamblang.

Syarat utama menjadi seorang News Anchor :

·         Percaya diri
·         Berlatih berbicara di depan cermin, berlatih berbicara dengan menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan atau bahasa baku sangatlah disarankan, karena pada saat membaca berita dan mewawancarai seseorang khususnya pada situasi formal hal tersebut harus dikuasi oleh seorang news anchor.
·         Berwawasan luas, hal tersebut mutlak dimiliki oleh seorang news anchor, karena tugas news anchor tak hanya membacakan berita, selama ini news anchor membaca berita dengan melihat teleprompter
·         Penampilan juga perlu diperhatikan oleh seorang news anchor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar