Minggu Ke-2
1.
Buatlah
dengan satu contoh perusahaan nyata yang universal yang dapat menjelaskan tujuan dari perusahaan !
- Tujuan BRI
Dalam upaya mencapai misi tersebut dan dengan menjunjung tinggi serta
berpegang teguh pada kejujuran, integritas, dan keparcayaan, BRI menetapkan
bebepara tujuan antara lain :
1.
Memberikan pelayanan
dan kualitas terbaik dengan nilai tambah yang wajar (maksimal) demi
terpeliharanya hubungan kemitraan dengan nasabah secara berkesinambungan.
2.
Menjadi persero yang
sehat dengan mematuhi segala peraturan dan perundang undangan yang berlak,
berperan serta dalam meningkatkan butuh industri perbankkan indonesia.
3.
Memberikan distribusi
kepada masyarakat (setempat) untuk pembangunan
ekonomi maupun sosial dengan menyisihkan bagian dari hasil usaha yang
diperoleh.
- Visi BRI
Menjadi
bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
- Misi BRI
Ø
Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan
kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi
masyarakat.
Ø
Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang
tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan
melaksanakan praktek good corporate governance.
Ø
Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang
berkepentingan.
Pendekatan Program PNPM-MANDIRI
Pendekatan atau upaya-upaya rasional
dalam mencapai tujuan program dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan
program adalah pembangunan yang berbasis masyarakat dengan :
- Menggunakan kecamatan sebagai lokus program untuk mengharmonisasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program.
- Memposisikan masyarakat sebagai penentu/pengambil kebijakan dan pelaku utama pembangunan pada tingkat lokal.
- Mengutamakan nilai-nilai universal dan budaya lokal dalam proses pembangunan partisipatif.
- Menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan karakteristik sosial, budaya dan geografis.
- Melalui proses pemberdayaan yang terdiri dari atas pembelajaran, kemandirian dan keberlanjutan.
3. Terangkan dengan satu perusahaan nyata universal, pengaruh
lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan !
Lingkungan Internal
Lingkungan ini adalah lingkungan yang dapat
dikendalikan artinya untuk mencapai tujuan dan menjalankan strategi tujuan dan
menjalakan strategi pemasaran-pemasaran mampu melakukan pengendalian lingkungan
internal yang meliputi:
a. Aspek Organisasi
Bank BRI adalah bank yang bergerak dibidang
perbankkan dan merupakan bank pemerintah yang dibentuk melalui merger dengan
beberapa bank yang selama ini cukup berpengalaman dalam menjalankan bisnis
perbankkan.
b. Kondisi Keuangan
Bank BRI mempunyai aset yang sangat lumayan
dibandingkan dengan bank yang lainnya. Karena, CAR yang dimiliki bank ini
selama semester I tahun 2000/2001 sebesar 14,04% dengan total aset yang
dimiliki sebesar Rp. 417,2 triliun sedangkan total kredit yang diberikan pada
masyarakat berjumlah Rp. 32,5 triliun.
c. Produk – produk
Produk yang dihasilkan oleh bank BRI untuk
pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat luas itu sangat bervariasi.
Produk yang dihasilkan ini pun dapat dinikmati dari kalangan bawah sampai
kalangan atas. Produk yang diberikan kepada nasabah itu antara lain ada:
Tabungan BRI Syariah, BRI BRITAMA, BRI SIMPEDES, dll.
d. Sumber Daya Manusia
Bank BRI menggunakan filosofi sumber daya
manusia yang Reward System yang
artinya menciptakan sistem kompensasi yang dapat
memberikan motivasi pegawai untuk mencapai target yang telah ditetapkan berpangkal
kepada kemampuan bobot berkreativitas dihargai secara pantas dan ideal untuk
terbentukknya sense of belonging.
Lingkungan Exsternal
Lingkungan yang merupakan kegiatan pemasaran yang
memberikan pengaruh tidak langsung berada diluar kekuasaan atau diluar
pengendalian dari perusahaan yang bersangkutan. Dimana keadaan ini memberikan
hal yang bersifat memaksa perusahaan mau tidak mau harus menyesuaikan arah dan
strategi agar tetap ikut andil dalam menghadapi situasi dan kondisi apapun yang
terjadi pada lingkungan sekitar perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar