Kamis, 29 November 2012

TUGAS PENGANTAR BISNIS (MINGGU 2)

Minggu Ke-2

1.                 Buatlah dengan satu contoh perusahaan nyata yang universal yang dapat    menjelaskan tujuan dari perusahaan !
  • Tujuan BRI
Dalam upaya mencapai misi tersebut dan dengan menjunjung tinggi serta berpegang teguh pada kejujuran, integritas, dan keparcayaan, BRI menetapkan bebepara tujuan antara lain :
1.      Memberikan pelayanan dan kualitas terbaik dengan nilai tambah yang wajar (maksimal) demi terpeliharanya hubungan kemitraan dengan nasabah secara berkesinambungan.
2.      Menjadi persero yang sehat dengan mematuhi segala peraturan dan perundang undangan yang berlak, berperan serta dalam meningkatkan butuh industri perbankkan indonesia. 
3.      Memberikan distribusi kepada masyarakat (setempat) untuk pembangunan  ekonomi maupun sosial dengan menyisihkan bagian dari hasil usaha yang diperoleh. 
  • Visi BRI
Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
  • Misi BRI
Ø  Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.
Ø  Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan melaksanakan praktek good corporate governance.
Ø  Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

2.   Jelaskan tentang pendekatan bisnis dengan menggunakan perusahaan yang nyata!

Pendekatan Program PNPM-MANDIRI
Pendekatan atau upaya-upaya rasional dalam mencapai tujuan program dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan program adalah pembangunan yang berbasis masyarakat dengan :
  • Menggunakan kecamatan sebagai lokus program untuk mengharmonisasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program.
  • Memposisikan masyarakat sebagai penentu/pengambil kebijakan dan pelaku utama pembangunan pada tingkat lokal.
  • Mengutamakan nilai-nilai universal dan budaya lokal dalam proses pembangunan partisipatif.
  • Menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan karakteristik sosial, budaya dan geografis.
  • Melalui proses pemberdayaan yang terdiri dari atas pembelajaran, kemandirian dan keberlanjutan.
 
3. Terangkan dengan satu perusahaan nyata universal, pengaruh lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan !

Lingkungan Internal
Lingkungan ini adalah lingkungan yang dapat dikendalikan artinya untuk mencapai tujuan dan menjalankan strategi tujuan dan menjalakan strategi pemasaran-pemasaran mampu melakukan pengendalian lingkungan internal yang meliputi:
a.       Aspek Organisasi
Bank BRI adalah bank yang bergerak dibidang perbankkan dan merupakan bank pemerintah yang dibentuk melalui merger dengan beberapa bank yang selama ini cukup berpengalaman dalam menjalankan bisnis perbankkan.
b.      Kondisi Keuangan
Bank BRI mempunyai aset yang sangat lumayan dibandingkan dengan bank yang lainnya. Karena, CAR yang dimiliki bank ini  selama semester I tahun 2000/2001 sebesar 14,04% dengan total aset yang dimiliki sebesar Rp. 417,2 triliun sedangkan total kredit yang diberikan pada masyarakat berjumlah Rp. 32,5 triliun.
c.       Produk – produk
Produk yang dihasilkan oleh bank BRI untuk pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat luas itu sangat bervariasi. Produk yang dihasilkan ini pun dapat dinikmati dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Produk yang diberikan kepada nasabah itu antara lain ada: Tabungan BRI Syariah, BRI BRITAMA, BRI SIMPEDES, dll.
d.      Sumber Daya Manusia
Bank BRI menggunakan filosofi sumber daya manusia yang Reward System yang artinya menciptakan sistem kompensasi yang dapat memberikan motivasi pegawai untuk mencapai target yang telah ditetapkan berpangkal kepada kemampuan bobot berkreativitas dihargai secara pantas dan ideal untuk terbentukknya sense of belonging.

Lingkungan Exsternal
            Lingkungan yang merupakan kegiatan pemasaran yang memberikan pengaruh tidak langsung berada diluar kekuasaan atau diluar pengendalian dari perusahaan yang bersangkutan. Dimana keadaan ini memberikan hal yang bersifat memaksa perusahaan mau tidak mau harus menyesuaikan arah dan strategi agar tetap ikut andil dalam menghadapi situasi dan kondisi apapun yang terjadi pada lingkungan sekitar perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar