Jumat, 30 November 2012

TUGAS PENGANTAR BISNIS (MINGGU 6)

Nama Kelompok :

  1. Ayu Sulistya (21212296)
  2. Dewi syarah (21212964)
  3. Lenny Kurniasih (24212178)
  4. Nila Susanti (25212325)
  5. Nur Indah Mumpuni Dwi Rahma (28212365)
Kelas : 1EB21
Minggu ke-6

1.       Jelaskan perbedaan jenis pasar dan masing-masing beri 3 contoh!
1.  Berdasarkan Wujudnya
Menurut wujudnya pasar dibedakan menjadi pasar konkret dan pasar abstrak :
a. Pasar Konkret (pasar nyata)
merupakan pasar yang menunjukkan suatu tempat terjadinya hubungan secar langsung (tatap muka) antara pembeli dan penjual. Barang yang diperjualbelikan pun berada di tempat tersebut. Misalnya pasar-pasar tradisional dan swalayan.
b. Pasar Abstrak (tidak nyata)
 merupakan pasar yang menunjukkan hubungan antara penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung, barangnya tidak secara langsung dapat diperoleh pembeli. Misalnya, pasar modal di Bursa Efek Indonesia.
2. Berdasarkan Waktu Terjadinya
      Menurut waktu terjadinya pasar dibedakan menjadi pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, pasar tahunan, dan pasar temporer.
a. Pasar Harian merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap hari. Misalnya pasar pagi, toserba, dan warung-warung
b. Pasar mingguan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu minggu sekali. Misalnya pasar senin atau pasar minggu yang ada di daerah pedesaan
c. Pasar bulanan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu bulan sekali. Dalam aktivitasnya bisa satu hari atau lebih. Misalnya, pasar yang biasa terjadi di depan kantor-kantor tempat pensiunan atau purnawirawan yang mengambil uang tunjangan pensiunannya tiap awal bulan.
d. Pasar tahunan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu tahun sekali. Kejadian pasar ini biasanya lebih dari satu hari, bahkan bisa mencapai lebih dari satu bulan. Misalnya Pekan Raya Jakarta, pasar malam, dan pameran pembangunan.
e. Pasar temporer merupakan pasar yang dapat terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tentu (tidak rutin) pasar ini biasanya terjadi pada peristiwa tertentu. Misalnya pasar murah, bazar, dan pasar karena ada perayaan kemerdekaan RI.
3. Berdasarkan Luas Jangkauannya
Menurut luas jangkauannya pasar dibedakan menjadi pasar lokal, pasar nasional, dan pasar internasional.
a. Pasar lokal merupakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah tertentu saja.
b. Pasar nasional merupakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah dalam suatu negara. Misalnya, pasar kayu putih di Ambon dan pasar tembakau di Deli.
c. Pasar internasional penjual dan pembeli dari berbagai negara. Misalnya pasar tembakau di Bremen Jerman.
4. Berdasarkan Hubungannya Dengan Proses Produksi
Menurut hubungannya dengan proses produksi pasar dibedakan menjadi pasar output dan pasar input.
a. Pasar output (pasar produk) merupakan pasar yang memperjualbelikan barang-barang hasil produksi (biasanya dalam bentuk jadi).
b. Pasar input (pasar faktor produksi) merupakan interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap barang dan jasa sebagai masukan pada suatu proses produksi (sumber daya alam, berupa bahan tambang, hasil pertanian, tanah, tenaga kerja, dan barang modal)
 
  
  
2.       Buatlah skema bauran pemasaran!
  • SKEMA PEMASARAN
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiD4CybO0Hna6GXdvvDOYGJv_SGuPY_4-raVuEWVrdE7T-uyR1Xf4jHXEEEamEBluAZCIKoDngPeaopugvuuZskI72C-OnHzN-xKslPFaQ4BgjiB04JFoS-KI2AY7LoZwhAu0NVNWlKXSU/s1600/fig+1.JPG

 



3.       Sebut dan jelaskan tujuan sistem pemasaran !
  • Memperkenalkan Produk kepada Umum
  • Melakukan Promosi baik dalam bentuk fisik maupun maya
  • Mendukung Penjualan hingga terjadinya penjualan
  • Melakukan pemetaan terhadap pasar (market share, dsb)
  •  Analisa terhadap kompetitor (pesaing usaha)
  • Membuat Feed back bagi produksi (tentang kekurangan dan kelebihan produk yang dibuat dan dipasarkan)
  • Sebagai acuan / pertimbangan untuk peningkatan produksi pada periode selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar